Media Relation

Media Relation



Media Relation atau Hubungan media adalah aktivitas yang dilakukan oleh individu ataupun profesi humas suatu organisasi untuk menjalin pengertian dan hubungan baik dengan media massa dalam rangka pencapaian publikasi organisasi yang maksimal serta berimbang (belance). Hubungan media banyak dikaitkan dengan konteks pemberitaan yang tidak berbayar atau publisitas positif. Dalam profesi humas hubungan media juga sering kali dipahami sebagai penanganan krisis dengan memberitakan tentang hal-hal positif tentang perusahaan saat perusahaan sedang dilanda berita negatif.
Pada saat krisis secara terbalik penanganan hubungan media oleh humas adalah dengan mengakui dan memperbaiki kesalahan dengan mengonfirmasikan usaha-usaha ke depan. Dalam hal ini baik media massa maupun humas dalam posisi saling memanfaatkan dan saling diuntungka (simbosis mutualisme).

Tujuan :

  1. Mendapatkan penyiaran mengenai organisasi
  2. Mendapatkan pemberitaan yang baik
  3. Wadah umpan balik masyarakat kepada media
  4. Evaluasi Organisasi
  5. Membangun Hubunganyang baik
  6. Meningkatkan kredibilitas organisasi
  7. Memudahkan menambah pelanggan baru bagi organisasi
  8. Mengontrol informasi yang disampaikan media
  9. Meningkatkan profit diri
  10. Meningkatkan investor
  11. Kemudahan dalam akses media masa
  12. menekan opini masyarakat
  13. Mendapatkan slot pemberitaan
Manfaat :
  1. Membangun pemahaman mengenai tugas dan tanggung jawab organisasi dan media massa.
  2. Membangun kepercayaan timbal balik dengan prinsip saling menghormati dan menghargai kejujuran dan kepercayaan.
  3. Penyampaian/perolehan informasi yang akurat,jujur, dan mampu memberikan pecerahan bagi publik.
Aktifitas Hubungan Media

untuk menjalakan hubungan dengan media, kegiatan yang dapat dilakukan yaitu :
  1. Press conference : Pertemuan yang dibuat untuk wartawan sehingga mereka bisa mendapatkan informasi baru mengenai isu tertentu
  2. Press visit : aktivitas kunjungan media yang dilakukan oleh perusahaab dengan cara mengunjungi kantor media
  3. Press Briefing : Aktifitas untuk memberikan instruksi kepada media yang akan meliputi acara secara khusus
  4. Press workshop : pelatihan yang diberikan oleh perusahaab kepada media mengenai topik-topik yang baru.
  5. Media Monitoring : Aktivitas yang dilakukan perusahaan/organisasi untuk memantau berita/isu yang terdapat di dalam media
  6. Press gathering : acara pertemuan antara pers dan organisasi dengan suasana santai dan menghibur untuk mempererat hubungan organisasi dengan media.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Etika Public Relation